16 Des 2011

Wikipedia Akan Dihentikan

Stop Wikipedia
Sebuah informasi di media online sekarang langsung menyebar dengan cepatnya dan dapat diakses oleh siapapun dimanapun yang menggunakan internet. Banyak informasi yang dapat kita peroleh dari internet, semuanya bisa membantu kita dalam menyelesaikan tugas, pekerjaan dan lainnya. Sehingga informasi di internet menjadi cukup penting, terutama di era globalisasi seperti sekarang ini.

Salah satu situs penyedia informasi di internet adalah Wikipedia, sebuah situs yang memiliki hampir segala informasi di dunia ini, mulai dari ilmu pengetahuan, sejarah negara, lokasi wisata, hingga nama orang yang terkenal. Karena benar-benar digunakan untuk penyediaan informasi, maka situs tersebut tidak menggunakan iklan, sehingga bersifat netral dan non profit.

Karena alasan itu juga, Wikipedia membutuhkan bantuan donatur untuk menyumbangkan donasinya ke Wikipedia. Donasi tersebut digunakan untuk biaya operasional Wikipedia, mulai dari server, komputer, listrik, hingga gaji staf Wikipedia. Dengan bantuan dari para donatur tersebut, maka Wikipedia tetap dapat aktif beroperasi hingga saat ini.

Belakangan, saya mendengar kabar bahwa Wikipedia berencana akan menghentikan situsnya tersebut. Tapi yang dihentikan hanya Wikipedia berbahasa Inggris saja, karena ada alasan tersendiri bagi Wikipedia untuk menghentikan situs mereka yang berbahasa Inggris.

Alasan tersebut dikemukakan oleh pendiri Wikipedia, Jimmy Wales sebagai salah satu bentuk protes terhadap pemerintah Amerika, karena saat ini sedang membahas Rancangan Undang-Undang Anti Pembajakan Online. Jimmy Wales menyatakan "Jangan meremehkan kekuatan kami. Menurut saya, pemerintah takut jika publik melakukan pemberontakan. Dan kami (Wikipedia) akan memulai hal itu,"

Penghentian situs ini dilakukan sebagai bentuk protes untuk memberikan tekanan politik dan langkah untuk menghentikan RUU tersebut. Wales yakin jika situs Wikipedia berbahasa Inggris dihentikan, maka akan memberikan pengaruh besar, khususnya bagi Pemerintah Amerika. 

Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.