18 Agu 2011

Menyimpan Full Halaman Website

Halaman website yang kita akses, kadang perlu kita simpan secara utuh seperti yang kita lihat. Jika hanya menyimpan apa yang tampil (terlihat) bukan hal yang sulit, bahkan dengan bawaan windows Print Screen kita bisa mendapatkannya. Tetapi ketika tampilan window itu memanjang kebawah (harus di scroll kebawah untuk melihat semuanya), kadang hal ini tidak mudah didapatkan. 


Beberapa software screen capture seperti FSCapture, PicPick menyertakan berbagai fitur untuk menyimpan screenshot tampilan, termasuk fitur Auto Scroll, tetapi untuk menyimpan halaman yang memanjang kebawah (vertical scrolling) di Firefox 5, kadang hasilnya tidak memuaskan dan masih belum sesuai yang kita inginkan. Bagi pengguna Firefox, Chrome atau Safari, bisa menggunakan salah satu Add On yang bisa memenuhi kebutuhan akan hal ini, yaitu Awesome Screenshot.

Add-on ini mempunyai fitur untuk menyimpan halaman web yang tampil atau halaman web utuh memanjang kebawah secara otomatis. Sebelumnya saya sudah mencoba beberapa add-on untuk screenshot lainnya, tetapi sepertinya add-on gratis yang paling mudah, hasilnya bagus dan menyertakan tambahan fitur anotasi (memberikan keterangan) adalah Awesome Screenshot.

Setelah di install, untuk menggunakannya, di Firefox ada tambahan tombol di pojok kanan atas. Kita bisa memilih untuk menyimpan halaman yang tampil atau seluruhnya. Selanjutnya akan ditampilkan hasil ScreenShot dengan beberapa menu editor sederhana untuk menambahkan keterangan (anotasi). Selanjutnya kita bisa menyimpan dalam format gambar PNG baik di simpan Online atau di simpan di komputer kita (Save Local).


Beberapa fiturnya antara lain :
  • Menyimpan dalam gambar seluruh halaman website atau yang tampil saja, termasuk crop
  • Memberikan informasi tambahan di gambar yang dihasilkan, baik dengan panah, lingkaran, garis, kotak dan text
  • Fitur Eraser untuk menyembunyikan (mengaburkan) text yang penting
  • Menyimpan hasilnya di komputer kita sendiri atau upload di web awesomescreenshot.com dan kita bisa mendapatkan link gambar tersebut
Download Add-on untuk Firefox , Awesome Screenshot Chrome dan untuk Safari
Bagi yang ingin menyimpan dalam format yang bisa di copy paste, bisa menggunakan alternatif menyimpan dalam format MHTML atau MAFF (Mozilla Archive Format).
Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.