28 Mar 2011

Tips merawat batere BB atau HP

Blackberry terkenal karena baterenya yang maksimal cuma bertahan paling lama 1 atau 2 hari dalam keaadaan optimal, hal ini dapat dimaklumi karena blackberry selalu terhubung ke internet beda dengan HP biasa yang akan terhubung dari internet sesuai dengan keinginan usernya jadi wajar wajar saja kalau batere Blackberry cepat habis, akan tetapi di artikel ini saya akan memberikan sedikit Tips (Berdasarkan Pengalaman Pribadi) yang mungkin berguna untuk kita semua, yakni tentang pemeliharaan Batere Blackberry  (Akan tetapi Prakteknya tidak hanya bisa di gunakan di Blackberry saja bisa di HP atau perangkat lain yang sumber energinya dari Batere) agar tahan lama dan tidak cepat soak, dan perihal merawat batere ini selalu menjadi perdebatan yang tidak pernah habis, karena masing masing orang mempunyai pendapat serta pandangan yang  berbeda dan masih besar kemungkinan ada yg kurang tepat dan harus dikoreksi, langsung kita mulai aja Tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Untuk pengecasan awal biasanya selalu disarankan 8 jam, sebetulnya charger  yang  saat ini hampir semua sudah menggunakan pemutus arus apabila mencharger berlebihan, tetapi tetap saja aliran listrik masuk ke batere kita, menurut pengalaman saya alangkah lebih baik batere awal di charger tidak lebih dari 4 jam (Menggunakan Charger Original).
 
2. Setelah pengecasan berikutnya biasakan setelah indikator batere mengindikasikan telah penuh, tidak terburu buru mencabut charger akan tetapi tunggu dulu sekitar beberapa menit baru dicabut.

3. Jangan pernah memasang batere apabila HP tidak digunakan dalam jangka waktu lama., sangat disarankan untuk menguras habis isi batere lalu kemudian baru cabut batere dari HP, sehingga ion ion  di dalam batere dalam keadaan kosong.

4. Jangan pernah charger batere dalam tempo yang lama, biasanya supaya praktis kita sebelum tidur melakukan pengecasan dan diharapkan keesokan harinya batere dalam keadaan penuh, akan tetapi perlu di ingat walaupun charger kita mempunyai pemotong arus tetapi ion ion listrik akan tetap masuk dan mengakibatkan batere kelebihan daya/listrik dan akibat yang sering dilihat adalah batere menjadi kembung.

5. Jangan disaat melakukan pengecasan, BB atau HP kita pakai untuk melakukan aktifitas seperti SMS dan lain lain, apalagi digunakan untuk menelpon, jika kita lakukan maka pengisian arus listrik kedalam batere tidak akan maksimal, sehingga dalam waktu lama akan menyebabkan penurunan performa batere.

6. Penggunaan batere external selalu menjadi perdebatan, karena beberapa pihak mengatakan akan merusak batere hingga sampai hal yang parah yakni dapat merusak IC power BB atau HP kita, secara logika memang bisa terjadi, karena kebanyakan pengguna BB menggunakan charger portabel dengan aktivitas yg berat, sehingga listrik yang masuk semakin banyak yang mengakibatkan batere menjadi panas kemudian panas tersebut akan menjalar ke IC power sehingga mengakibatkan over heating dan konslet ringan, hal ini yang bisa mengakibatkan kerusakan, menurut pendapat dan saran saya sich sekali lagi, kurangi aktivitas ketika mencharger.dan yang terpenting apabila menggunakan charger portabel adalah segera mencabut setelah indikator menunjukan batere full.

7. Umur batere biasanya menggunakan hitungan berapa ribu kali batre tersebut dicharger (masuk listrik),csehingga muncul pendapat bahwa menggunakan charger mobil akan cepat merusak batere, akan tetapi yang sebenarnya terjadi adalah beberapa dari kita sering kali kita melakukan penegecasan yang belum optimal dalam bahasa yang mudah dimengerti putus sambung dalam pengecasan, hal inilah yang mengurangi umur batere karena dihitung per sekali masuk listrik

8. Apabila saat charging kemudian mati lampu, lebih baik cabut charger dan gunakan batere sampai habis dahulu baru baru dilaksanakan pengecasan ulang.

Itulah beberapa Tips dari saya yang biasa saya gunakan, sekali lagi hal ini berdasarkan pengalaman pribadi jika ada tips lain yang anda pikir lebih baik, dapat meninggalkan komentar pada artikel ini sebagai bahan koreksi bagi saya dan penegtahuan bagi pembaca yang lain, selamat mencoba Semoga Bermanfaat.


Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.