20 Mar 2011

Pengguna Blackberry Mesti Waspada dengan Munculnya Virus Zeus

Program jahat Zeus Trojan tengah mengancam handset BlackBerry. Gejala ini dilaporkan oleh perusahaan keamanan komputer, Trend Micro. Mereka mengidentifikasi varian Zeus BBOS_ZITMO.B, yang dinyatakan cukup sukar terdeteksi."Seperti variannya di desktop, Zeus yang ini tidak menampilkan sesuatu di user interface perangkat. Ia menghapus dirinya sendiri dari daftar aplikasi dengan tujuan agar tidak dapat terdeteksi," kata Patrick Estavillo, analis di Trend Micro.

Sekali Zeus itu terinstall di handset, dia mengirim pesan konfirmasi ke administratornya. Ujung-ujungnya, BlackBerry yang terinfeksi bisa dikontrol pihak lain. Tujuan Zeus Trojan ini adalah memonitor informasi privat user, terutama ketika pengguna melakukan transaksi online banking. Lalu, apa akibatnya jika BlackBerry terinfeksi trojan tersebut? Menurut Estavillo, program jahat ini memungkinkan penyerangnya mengirim pesan jahat ke handset, memblokir panggilan, mengubah administrator handset atau mematikan ponsel.

OS BlackBerry bukan satu-satunya target serangan Zeus. Estavillo tak lupa memperingatkan bahwa varian lain yang memiliki ciri sama telah coba menyerang smartphone berbasis OS Symbian dan Windows Mobile. "User diharapkan membuat perangkat mobile mereka tetap aman, dan waspada dalam menginstall aplikasi atau mengklik link yang dikirim user tidak dikenal, karena ini mungkin membuat mereka men-download aplikasi jahat," demikian wanti-wanti Estavillo.

Virus Zeus Trojan Menyebar Melalui Link di SMS

Perangkat BlackBerry sudah dikenal dengan keamanan dan ketangguhan sistemnya yang tidak diragukan lagi masalah virus, namun kali ini telah muncul sebuah penemuan virus baru berbahaya yang berindikasi telah menginfeksi BlackBerry bernama Zeus Trojan, yang khusus didesain untuk sistem di BlackBerry.

Kabarnya lagi virus berbahaya BlackBerry bernama Zeus Trojan ini menyerang melalui link-link dari SMS yang tidak dikenal, Bagaimanakah sebenarnya? Menurut informasi dari infoseland dan BlackBerrycool, sebuah virus Trojan Zeus yang dirancang khusus untuk berjalan pada sistem operasi Blackberry telah terdeteksi oleh peneliti di Trend Micro, Modusnya, banyak dilakukan melalui pesan singkat atau SMS tak dikenal yang berisi link-link menuju download berbagai aplikasi yang telah tersusupi virus jahat, jenis Zeus Trojan

“Malware ini memungkinkan akses remote perangkat Blackberry yang telah terinfeksi oleh penyerang, yang kemudian dapat mengubah jumlah pesan SMS standar, menambahkan administrator perangkat baru, kontrol daftar panggilan, dan bahkan mampu dalam menghidupkan dan mematikan perangkat” virus Trojan di BlackBerry juga mampu menghilangkan dirinya dari daftar aplikasi yang telah terinstal untuk menghindari pemindaian dan pendeteksian oleh sistem keamanan sebuah perangkat lunak (antivirus)”.

Dengan adanya ini, pengguna BlackBerry diingatkan agar harus lebih berhati-hati lagi, utamanya dalam menerima sms berupa link-link untuk mendownload berbagai aplikasi menarik langsung via OTA atau pun mendownload aplikasi yang tidak jelas sumbernya. Diduga, melalui SMS itulah sang pembuat membawa dan menyebarkan berbagai aplikasi jahat berbahaya untuk BlackBerry. Jadi, Berhati-hatilah dan tetap aman menggunakan BlackBerry, tidak menginstal perangkat lunak melalui link di SMS kecuali Anda yang memang secara khusus memintanya.


source : detiknet & gadgetan.com
Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda baik berupa saran atau cacian yang tetntunya bersifat membangun agar blog ini lebih berbobot dan bermanfaat

 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.