26 Jul 2012

Komentar Di Youtube Harus Gunakan Nama Asli


BANGDEX NEWS | Untuk menghindari komentar bernada rasis atau menyinggung pihak-pihak tertentu, YouTube membuat peraturan baru yang membuat para penggunanya harus menggunakan nama asli jika memasukkan komentar pada video.

APALAH arti sebuah nama, kata Shakespeare. Buat YouTube, nama urusan penting.

Untuk menghindari komentar bernada rasis atau menyinggung pihak-pihak tertentu, YouTube membuat peraturan baru yang membuat para penggunanya harus menggunakan nama asli jika memasukkan komentar pada video.

Peraturan yang disusun sejak 29 Juni lalu itu akan menghubungkan pengguna YouTube dengan akun Google+. Saat pengguna memasukkan komentar, nama yang muncul merupakan nama yang tertera pada profil Google+. Peraturan ini memang tidak memaksa, karena YouTube masih menawarkan sejumlah opsi yang berisi alasan mengapa Anda enggan memasukkan nama asli.

Peraturan ini tak hanya berlaku saat memasukkan komentar, tapi juga saat pengguna mengunggah video. Hal ini diharapkan mampu menekan aktivitas para pengguna YouTube anonim. Penggunaan identitas anonim dikhawatirkan dapat merugikan individu maupun kelompok-kelompok tertentu, terlebih jika pengguna anonim mencantumkan komentar bernada negatif.

Wired melansir, peraturan ini merupakan respon dari komentar yang dilontarkan Dror Shimshowitz, head of product YouTube pada konferensi Google I/O, Juni lalu. Senator Thomas F. O’Mara juga turut mendukung pemberantasan akun anonim di internet.

O’Mara bahkan menyusun rancangan undang-undang yang mendorong pemerintah dan situs terkait untuk menghapus komentar dari pengunjung yang tidak mencantumkan nama asli, alamat IP, alamat rumah.

Hm, jadi nggak asyik lagi komentar di YouTube, atau justru sebaliknya?
Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.