23 Jul 2012

Cara Mudah Atasi Kegagalan

BANGDEX NEWS | Apakah anda pernah mengalami kegagalan ? Siapa sih manusia di dunia ini yang tidak pernah gagal? Setiap orang pasti mengenal kegagalan. Entah kegagalan dalam hubungan cinta, pekerjaan, pendidikan, atau hal-hal yang Anda temui  setiap hari. Bila kadarnya masih ringan, mungkin Anda bisa melewatinya dengan mulus.

Namun bila sebaliknya, tak banyak yang dapat menerimanya dengan legowo dan menjadikannya cambuk untuk mencapai tujuan. Inilah ironisnya, banyak orang sukses yang mengalami kegagalan hanya karena selalu dihinggapi perasaan takut gagal. Sebaliknya, banyak orang yang secara kemampuan biasa saja, namun bisa sukses berkat kepercayaan diri, dan yang paling penting tidak takut gagal.

Berikut ini adalah tips mudah bagaimana Anda mengatasi kegagalan dengan mudah, untuk kembali bangkit berjalan:

1. Introspeksi Diri. Saat kegagalan menimpa Anda, yang pertama dirasakan adalah shock, kecewa dan tidak terima. Jangan dilawan. Biarkan perasaan-perasaan itu menyelimuti Anda. Setelah itu, beri waktu untuk memikirkan atau merunutkan apa yang sebenarnya terjadi. Carilah poin-poin penting yang menyebabkan kegagalan. Dari sinlah Anda bisa mengambil pelajaran untuk mengambil langkah selanjutnya.

2. Mencari Pundak. Saat merasa gagal, Anda cenderung memendam semuanya seorang diri. Sekarang saatnya Anda mencari a shoulder to cry on. Bagilah cerita pada kawan dekat, sahabat, keluarga  atau mungkin psikolog. Bercerita pada orang lain konon bisa membuat setengah beban di pundak Anda berkurang. Mintalah pendapat mereka tentang masalah yang sedang Anda hadapi dan bagaimana Anda keluar dari permasalahan tersebut.

3. Tetap Semangat! Seberapa besar kegagalan yang dialami, tetaplah bersemangat untuk menghadapi hidup. Anda bukanlah yang pertama yang pernah merasakan kegagalan. Kegagalan bisa menimpa setiap orang. Pacu semangat dengan melakukan kegiatan-kegiatan berkualitas. Anda tidak bisa menghasilkan apa-apa, jika hanya duduk-merenung, melamun-bersedih. Anda hanya perlu untuk terus berusaha lebih keras lagi.

4. Hadapi Celaan. Banyak orang yang masih tidak tahan mendapat kritik. Setiap kritikan yang datang dianggap sebagai serangan pribadi. Padahal, dari kritik merekalah Anda bisa mengoreksi kekurangan Anda. Kalau tidak ada feedback, bagaimana mungkin Anda bisa berkembang, berkreasi dan melakukan inovasi.

5. Bergaul Seluasnya. Biarkan orang tahu kemampuan Anda. Jangan takut pada anggapan bahwa kesempatan hanya datang sekali. Ubahlah paradigm Anda. Bukan kesempatan yang menghampiri Anda, tapi Andalah yang seharusnya menghampiri kesempatan. Bergaul seluas-luasnya adalah satu cara untuk mendapat kesempatan kedua, ketiga dan seterusnya.

6. Pasti Bisa! Jangan buru-buru patah semangat dan kapok begitu kegagalan menghampiri Anda. “Ah…kalau akhirnya seperti ini, saya tidak mau melakukannya lagi,” Cobalah untuk berpikir positif. Anda tidak separah itu dalam kegagalan. Banyak orang hebat di luar sana tidak pernah putus asa ketika gagal. Yakinlah, peluang untuk meraih sukses masih terbuka. Bukankah ada ungkapan, bila satu pintu tertutup, maka ada 2-3 jendela lagi yang terbuka?

Beranilah untuk gagal. Mungkin Anda memang akan jatuh berkali-kali, tapi itu satu-satunya cara untuk tumbuh dewasa. Kalaupun gagal, setidaknya, itu masih merupakah hal yang lebih baik karena Anda pernah mencobanya.

http://duniapustaka.com/cara-mudah-mengatasi-dan-menghadapi-kegagalan.html
Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.