24 Feb 2011

SABANG ISLAND

Pantai Sabang yang mempesona
Pulang Sabang atau Pulau weh merupakan salah satu pulau Eksotis di Indonesia, yang letaknya paling barat wilayah Indonesia, menawarkan keindahan yang sungguh mempesona jika ada kesempatan kiranya tidak akan rugi jika mengunjungi pulau ini.  Untuk menuju Pulau Sabang,
di tempuh dengan jarak ± 45 Menit dari Dermaga Ule Lheu Kota Banda Aceh, dengan menggunakan Kapal Cepat dengan jam keberangkatan adalah jam 09.00 (Kapal Pulo Rondo) dan jam 15.00 (Kapal Baruna Duta) dengan tarif Ekonomi : Rp.60.000 dan VIP Rp. 75.000. Atau bisa juga dengan Kapal Lambat KMP BRR dengan Biaya 25.000 Untuk kelas Ekonomi dan 40.000 Kelas VIP. kalau saya milih yang ekonomi, lebih murah dan bisa di Dak Kapal. Lebih asik menikmati suasana perjalanan. Dengan KMP BRR perjalanan di Tempuh sekitar 2 Jam, anda bisa menikmati pemandangan Teluk Sabang yang indah, Danau Aneuk Laut, dan panorama-panorama  lepas pantai kepulauan Sabang. Sebuah desa di bawah bukit dan sebuah kapal nelayan yang bergerak menyusuri garis laut menambah keindahan pemandangan yang dapat Anda nikmati di Teluk Sabang. Setiba di Balohan (Dermaga Pulau Sabang), sudah menunggu beberapa angkutan umum seperti taxi dan ompengan lain, untuk menuju kota sabang, perorang akan di pungut biaya sebesar Rp. 30.000 kita akan diantar ke lokasi yang akan kita tuju. Untuk yang baru pertama kali ke pulau ini, tidak usah kuatir, pengendara akan mengantar anda ke Hotel di pusat kota atau tempat lain sesuai dengan keinginan kita. Tentu akan ada renegosiasi ulang untuk ongkos antarnya., 

Di tengah-tengah hutan, tidak terlalu jauh dari desa Pria Laot, mengalir sebuah sungai yang kemudian berubah menjadi air terjun bertingkat yang menakjubkan. Sungai itu berhulu dari Gunung Sarung Keris. Disana Anda dapat berenang di bawah air terjun, atau sekedar menikmati suasanan hutan lindung dengan kupu-kupu yang bertebaran di sekelilingnya. Gunung Sarung Keris merupakan gunung berapi yang kecil tetapi perlu Anda kunjungi dikunjungi. Pergilah ke Jaboi dan belok ke kiri setelah melewati desa, lalu ikuti jalan tersebut hingga tidak bisa naik lebih tinggi lagi. Anda perlu jalan kaki sepanjang 200 meter di jalan setapak yang mengarah ke kanan. Mungkin akan sedikit sulit untuk menemukan jalur tersebut, jadi ikuti saja bau asap belerang dari gunung berapi tersebut.

Monumen Kilometer Nol terletak di desa Iboih Ujong Ba’u, sekitar 29 kilometer di sebelah barat kota Sabang dan sekitar 5 km dari Iboih. Monumen ini berdiri di puncak tebing setinggi 22,5 meter yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Monumen Kilometer Nol mempunyai simbol burung garuda sebagai pertanda bahwa di sana ujung barat wilayah Indonesia. Di sepanjang jalan menuju monumen ini, kedatangan Anda akan disambut dengan monyet-monyet dan bersiaplah dengan buah pisang untuk mereka agar bisa bersahabat dengan mereka. Anda akan merasa istimewa karena setiap pengunjug bisa memperoleh sertifikat dari agen penjalanan resmi di Sabang sebagai bukti kunjungan mereka pada lokasi geografis yang unik ini. Sekitar tujuh kilometer dari Monumen Kilometer Nol, Anda dapat mengunjungi Monumen Kilometer Tujuh. Sebelum penelitian geografis yang mutakhir dilakukan, titik kilometer nol berada di Monumen Kilometer Tujuh ini. Setelah dipindahkan lokasinya, monumen ini dinamakan Monumen Kilometer Tujuh.

Benteng-benteng Jepang tersebar di seluruh Pulau Weh sehingga pulai ini dikenal dengan sebutan “Kota Seribu Benteng”. Benteng-benteng yang dibangun antara tahun 1943 dan 1945 dulunya saling dihubungkan dengan terowongan-terowongan tetapi sekarang ditutup karena alasan keamanan. Tetapi di Anoi Itam Anda masih dapat menemukan benteng perlindungan Jepang yang masih cukup terawat. Selain itu ada juga tempat benteng besar dengan banyak pintu masuk ke terowongan di Gunung Batu. Bungalow Flamboyan di Lhong Angen dibangun di bekas lokasi kamp Jepang dan masih banyak peninggalan yang dapat dijumpai.

Taman Laut Rubiah terletak sekitar 23,5 km sebelah barat kota Sabang, dapat dicapai melalui darat, atau sekitar 7 km dengan menggunakan perahu boat, dan terletak bersebelahan dengan desa Iboih. Pemerintah Indonesia telah menentukan daerah perairan ini, sekitar 2600 hektar sekitar pulau Rubiah sebagai daerah special nature reserve. Terletak di teluk Sabang, dimana air disini relatif tenang dan sangat jernih (25 m visibility) laut disini diisi oleh bermacam trumbu karang dan ikan bermacam warna. Dapat ditemukan gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish, sea fans, dan banyak lagi. Bagi penggemar snorkel berpengalaman, Octopus dan Stingrays dapat dilihat disini. Berjemur sinar matahari di pantai dengan pasir yang halus dan putih dapat dilakukan pada pantai yang berseberangan. Tempat ini merupakan surganya turis penggemar snorkel dan selam.Terumbu karang hanya berjarak sekitar 5 meter dari tepi pantai berpasir.

Terumbu Karang Pulau Rubiah
Akomodasi berupa makanan dan penginapan tersedia di desa Iboih. Iboih adalah desa kecil dimana kondisi dan layanan penduduk sangat menunjang kenyamanan dalam menikmati atraksi alam sekitar. Hutan Wisata Iboih terletak bersebelahan dengan Taman Laut Rubiah, dengan luas sekitar 1300 hektar dan juga merupakan daerah terlindung. Hutan ini merupakan hutan hujan tropis yang masih tinggi kerapatannya tetapi selalu mengundang pengunjung untuk menikmati keindahan keasliannya. Hutan ini tempat bagi beragam binatang, banyak terdapat monyet, reptil kecil dan besar, dan burung beraneka warna termasuk burung dara Nicobar yang tidak terdapat di bagian lain Indonesia.

Durian Keramat terletak di pegunungan dekat Iboih. Tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki dan mendaki selama sekitar 1,5 jam. Jalurnya cukup sulit untuk dilalui karena melalui hutan rimba. Tempat ini merupakan salah satu tempat paling keramat di Pulau Weh dan harus dihormati baik oleh penduduk local maupun pengunjung.

Rasanya tak kan habis kata untuk mengambarkan keindahan dari Pulau Sabang, akan lebih baik anda langsung mengunjungi dan menikmati pesona alam yang ditawarkan oleh Pulau ini...
Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar anda baik berupa saran atau cacian yang tetntunya bersifat membangun agar blog ini lebih berbobot dan bermanfaat

 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.