23 Feb 2011

Lovely City - LUBUKLINGGAU

Mungkin banyak yang belum tahu Lubuklinggau itu dimana, oke karena admin berasal dari Lubuklinggau Admin coba jelasin sejarah berdirinya kota Lubuklinggau.......yang dikenal dengan mottonya "BUMI SEBIDUK SEMARE"

Tahun 1929 status Lubuklinggau adalah sebagai Ibu Kota Marga Sindang Kelingi Ilir, dibawah Onder District Musi Ulu. Onder District  Musi Ulu sendiri ibu kotanya adalah Muara Beliti.Tahun 1933 Ibukota Onder District Musi Ulu dipindah dari Muara Beliti ke Lubuklinggau. Tahun 1942-1945 Lubuklinggau menjadi Ibukota Kewedanaan Musi Ulu dan dilanjutkan setelah kemerdekaan. Pada waktu Clash I tahun 1947, Lubuklinggau dijadikan Ibukota Pemerintahan Propinsi Sumatera Bagian Selatan. Tahun 1948 Lubuklinggau menjadi Ibukota Kabupaten Musi Ulu Rawas dan tetap sebagai Ibukota Keresidenan Palembang.
Pada tahun 1956 Lubuklinggau menjadi Ibukota Daerah Swatantra Tingkat II Musi Rawas. Tahun 1981 dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 tanggal 30 Oktober 1981 Lubuklinggau ditetapkan statusnya sebagai Kota Administratif. Tahun 2001 dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2001 tanggal 21 Juni 2001 Lubuklinggau statusnya ditingkatkan menjadi Kota. Pada tanggal 17 Oktober 2001 Kota Lubuklinggau diresmikan menjadi Daerah Otonom.
Pembangunan Kota Lubuklinggau telah berjalan dengan pesat seiring dengan segala permasalahan yang dihadapinya dan menuntut ditetapkannya langkah-langkah yang dapat mengantisipasi perkembangan Kota, sekaligus memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Untuk itu diperlukan Manajemen Strategis yang diharapkan dapat mengelola dan mengembangkan Kota Lubuklinggau sebagai kota transit ke arah yang lebih maju menuju Kota Metropolitan. Kota Lubuklinggau terletak pada posisi geografis yang sangat strategis yaitu di antara provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu serta ibu kota provinsi Sumatera Selatan (Palembang) dan merupakan jalur penghubung antara Pulau Jawa dengan kota-kota bagian utara Pulau Sumatera.
Kota Lubuklinggau adalah suatu kota setingkat kabupaten paling barat wilayah propinsi sumatera selatan yang terletak pada posisi antara 102 º 40' 0” - 103 º 0' 0” bujur timur dan 3 º 4' 10” - 3 º 22' 30” lintang selatan berbatasan langsung dengan kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu yang secara administratif mempunyai batas–batas sebagai berikut :
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kecamatan BKL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kecamatan Tugu Mulyo Dan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas.
  • Sebelah selatan : Berbatasan dengan Kecamatan Muara Beliti Dan Propinsi Bengkulu.
  • Sebelah barat : Berbatasan dengan Propinsi Bengkulu.
LUAS WILAYAH PERKECAMATAN BERDASARKAN PERDA 18 Tahun 2004 
Luas wilayah kota Lubuklinggau berdasarkan undang-undang no . 7 tahun 2001 seluas 401,50 Km atau 40.150 Ha yang meliputi 8 wilayah kecamatan dan 72 kelurahan
Objek Wisata :
1. Bukit Sulap 
Bukit Sulap merupakan salah satu objek wisata alam andalan kota Lubuklinggau, dengan ketinggian ± 700 m dari permukaan laut dengan tumbuh-tumbuhan yang alami dan asri serta bertemperatur udara yang sejuk, para wisatawan dapat leluasa memandang keindahan alam Kota Lubuklinggau, dan pada malam hari Kota Lubuklinggau terlihat sangat indah dengan gemerlap lampu-lampu dari rumah penduduk maupun lampu-lampu jalan. Kawasan objek wisata Bukit Sulap terletak ± 2 km dari pusat Kota Lubuklinggau , salah satu alternative menuju lokasi pengunjung dapat melalui jalan Bengawan Solo yang berada di keluarahan Ulak Surung, Kec Lubuklinggau Utara II, dari pangkal jalan Bengawan Solo menuju titik pendakian sekitar berjarak 400 meter. Untuk sampai kepuncaknya membutuhkan waktu ± 1 jam berjalan kaki melalui jalan setapak berbatu dan tanah. Bukit sulap ini cukup menantang bagi wisatawan dan pencinta alam yang senang berpetualang, Bukit sulap juga sering di gunakan untuk kegiatan Outbound, perkemahan, maupun berbagai kegiatan penjelajahan alam terbuka.
Jalan masuk ke Bukit Sulap


Saat berada di Pinggang Bukit Sulap

2. Wisata Arung Jeram
Sungai Kelingi
Arung Jeram
Kota Lubuklinggau yang di kenal dengan slogan Kota Sebiduk Semare kaya dengan potensi wisata seni dan budaya yang dapat dibanggakan untuk pembangunan dan pengembangan bidang kepariwisataan. Potensi tersebut terus dibangun dan di kembangkan oleh pemerintah Kota Lubuklinggau.Salah satu potensi wisata yang cukup menarik adalah wisata arung jeram. Arung jeram merupakan kegiatan baru yang mulai dikembangkan dan di perkenalkan kepada masyarakat oleh pemerintah kota Lubuklinggau melalui Disbudpar Kota Lubuklinggau pada tahun 2008.
3. Watervang

Watervaang
Watervang merupakan sebuah bendungan air Sungai Kelingi yang dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1941. Fungsi utama dari bendungan ini adalah untuk pengairan persawahan yang luasnya ± 8.000 ha yang terletak di kawasan sepanjang Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau sampai ke Kecamatan Tugu Mulyo dan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.
 
Di samping fungsi utama bendungan sebagai pengairan persawahan juga objek wisata, yang akan memberikan nuansa tersendiri bagi para pengunjung. Watervang juga, memiliki nilai historis bagi bangsa Indonesia pada umumnya dan kabupaten Musi Rawas serta Kota Lubuklinggau pada khususnya. Objek wisata ini hanya terletak 2,5 km ke arah barat dari titik 0 Km Kota Lubuklinggau. dan banyak di kunjungi oleh masyarakat kota lubuklinggau, maupun dari luar kota bahkan propinsi terutama pada hari minggu terlebih lagi pada musin liburan sekolah. Jalan masuk ke kawasan wisata bendungan watervang,dari jalan masuk ke lokasi wisata hanya berjarak 400 m.
3. Tanaman Lingge
Tanaman Lingge
Setiap daerah mempunyai tanaman khasnya masing-masing yang tidak dipunyai oleh daerah lain. Tanaman khas dapat menunjukkan karakteristik daerah masing-masing. Kekhasan suatu tanaman memberikan nuansa keindahan tersendiri dan menjadi kebanggaan bagi warga masyarakat daerah tersebut. Lubuklinggau mempunyai tanaman khasnya yang disebut tanaman Lingge (dalam bahasa daerah) dan tanaman Linggau(dalam bahasa Indonesia). Tanaman ini sudah lama menghilang dan tidak diketahui dimana keberadaannya bagaimana bentuknya dan apa manfaatnya. Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Lubuklinggau berupaya untuk menemukan kembali tanaman lingge ini agar dapat diketahui oleh masyarakat Kota Lubuklinggau khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Nah itu beberapa dari sekian banyak pesona wisata yang ditawarkan Kota Lubuklinggau, masih banyak lagi yang belum tertulis di postingan ini, mungkin brother semua bisa berkunjung ke Lubuklinggau langsung untuk melihat serta merasakan keindahan Kotaku yang tercinta ini....ha...ha.....ha......

Share on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

Rausan mengatakan...

linggau memang kota yang indah ^.^
salam hangat dari sesama blogger linggau.

bangdex mengatakan...

salam hangat dan salam kenal juga dari saya buat bung Rausan

Posting Komentar

Silahkan komentar anda baik berupa saran atau cacian yang tetntunya bersifat membangun agar blog ini lebih berbobot dan bermanfaat

 
© Copyright BANGDEX NEWS 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.